SMABA Serentak Pilih Calon Ketua OSIS Periode 2019/2020


Senin, 30 September 2019

Smaba Pers



SMABA Serentak Pilih Calon Ketua OSIS Periode 2019/2020



Jumat, 27 september 2019



Baru-baru ini pada Jumat, (27/9/2019) SMA Negeri 1 Bandongan mengadakan pilketos untuk masa jabatan 2019/2020. Apa itu pilketos? Pilketos atau pemilihan ketua OSIS adalah suatu kegiatan atau ajang untuk memilih pemimpin  untuk OSIS yang bermanfaat untuk memimpin anggotanya.

Pilketos harus dilaksanakan karena sistem yang digunakan menyerupai pemilu untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak dan mengenalkan tahapan pemilu sejak dini. Masa kerja OSIS adalah satu tahun atau dua belas bulan dan serah terima jabatannya dilakukan pada bulan Oktober. Jadi pilketos dilakukan pada bulan September. 

Kriteria untuk memilih kandidat ketua OSIS harus diperhatikan terutama dari kepribadian, intelektual atau kecerdasan dan skill yang dimiliki. Sedangkan syaratnya adalah beakhlak mulia, skill speaking, dan kecerdasan di atas rata-rata. Pilketos melibatkan seluruh OSIS MPO yaitu Bapak Syaifuddin, Bapak Pribadi, Bapak Fakih, Bapak Maftukhin, Bapak Budi Gutomo, dan Ibu Sri Miyatsih.

Tahap pencoblosan diawali dengan semua peserta didik mengantri sebelum mencoblos untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto dari kandidat dan presensi dari setiap kelas. Setelah itu mereka menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan, lalu memasukkan surat suara dalam kotak suara dan mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai bukti telah melakukan pencoblosan.

Ketua OSIS SMABA masa jabatan 2018/2019 Muhammad Nur Aziz menyatakan pendapatnya tentang pilketos kemarin. “Pilketos kemarin harus bisa lebih bertanggung jawab, dan berharap semoga ketua OSIS yang terpilih sekarang lebih bisa mengemban amanah dan bertanggung jawab lagi untuk mengelola OSIS SMABA kedepannya, dan semoga prokernya bisa mewujudkan yang lebih baik dari tahun yang sebelumnya,” ujarnya.

Sebagai ketua OSIS terpilih Wiku kasah Ibnu Sumadi memiliki prinsip yaitu prinsip santuy. Santuy dalam artian setiap selama siswa SMABA saling santuy atau santai, lebih kalem, tidak ada siswa yang saling ejek-mengejek atau olok-mengolok. Srmua sama dan kita sikapi perbedaan dengan santai.

"Untuk kandidat yang lain semoga bisa menjalankan tugas masing-masing dengan lancar. Jangan berkecil hati, tetap semangat, and don't forget to happy," pesannya kepada kandidat lain.


Komentar

  1. Alhamdulillah cukup menarik majalah yg telah dipublikasikan ini,
    akan tetapi akan sangat lebih menarik jika lebih banyak dicantumkan ataupun disertakan banyak kegiatan menarik yg dilakukan di SMAN 1 bandongan, bertujuan agar dapat dijadikan ajang pengenalan sekolahan,dapat juga lebih menarik minat baca bagi pembaca,selain itu juga dapat digunakan sebagai ajang mengenang masa lalu bagi para alumni, sehingga menarik minat untuk membaca

    Sedikit masukan juga, akan sangat menarik jika banyak ditampilkan quotes kekinian mengenai semangat belajar, hal2 mengenai masa depan, dan mungkin kata2 masuk Perguruan tinggi bagi kelas 12 yg akan lulus sehingga menambah rasa semangat mereka. Sekian dan terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar